Minggu, 12 April 2009

PERAN NEGATIF MEDIA TERHADAP "PENJAHAT"

Beberapa hari lalu aku melihat acara infotainment di sebuah tv swasta.
Diberitakan bahwa orangtua (ibu) dari Ryan Sang Penjagal menyatakan "tidak setuju" akan hukuman mati yang dijatuhkan kepada anaknya tersebut.
Dan dia juga sempat menyatakan bahwa hukuman ini tidak adil atw tidak berperikemanusiaan, karena tidak bisa memaafkan kesalahan yang telah diperbuat oleh Ryan.
Aku langsung berpikir "apakah ibu tersebut berani mangatakan hal tersebut di depan para kelurga korbankebiadaban Ryan ????" (i dont think so)

Dalam berita tersebut ada juga aku dengar n lihat Ryan menyanyikan sebuah lagu (kalo gak salah katanya dari album pertama Ryan) dengan gaya bak seorang penyanyi papan atas.
Begitu juga saat Ryan menjawab pertanyaan2 yang diajukan para wartawan seusai sidang,dia dengan gaya bak seorang selebritis menjawab pertanyaan2 tersebut dengan tangkas.
Ditambah lagi katanya sudah dirilis pula sebuah buku tentang Ryan yang katanya laris-manisdi kalangan anak muda.

Menurut saya ini tak lepas dari kesalahan media massa kita yang akhir2 ini doyan "menciptakan  malaikat dari seorang iblis", memanjakan orang2 yang bersalah.
Contoh lainnya, kita mungkin pernah lihat iklan di salah satu tv swasta yang menampilkan Sheila Marciayang baru aja keluar dari penjara karena kasus narkoba, dimana pada iklan tersebut kita (penonton) diajak untuk curhat dengannya dengan cara ketik : REGNamanya n kirim ke sekian2, dengan wajah yang ceria.
Aku cuma khawatir hal2 seperti ini dapat berimbas pada gaya hidup dan sikap para generasi kita yang berpikir pendek bahwa "kejahatan adalah salah satu cara singkat untuk terkenal dan sukses".

Aku cuma bisa berharap media massa kita dan orang2 yang terlibat tidak "tambah gila", sehingga dapat merusak bangsa ini nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar